Wakil Rektor III : Jadikan Tantangan Sebuah Peluang Untuk Perubahan

0
22 views

Serang, lpmsigma.com | Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Wawan Wahyudin mengatakan, ada beberapa tantangan dalam melaksanakan pembelajaran dimasa pandemi. Akan tetapi tantangan harus dijadikan peluang untuk sebuah perubahan.
.
Hal tersebut disampaikan dalam acara diskusi publik yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa Universitas (Dema-U) UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten di Aula Sadzeli Hasan Lt.2, Rabu (4/11).
.
“Tantangan adalah peluang untuk sebuah perubahan. Jadi santai saja, apapun yang terjadi pasti Terjadilah,” Ujarnya.
.
Menurutnya Indonesia ini Negara yang sangat luas, untuk menerapkan sistem pendidikan daring tidaklah mudah. Tantangan pertama dalam pembelajaran daring adalah terbatasnya akses internet dibeberapa wilayah di Indonesia.

“Jangankan internet, masih ada daerah di Indonesia yang listrik saja belum tersentuh, hal ini menjadikan pendidikan secara daring menjadi tidak maksimal,” Imbuhnya.

Disamping itu, minimnya fasilitas yang dimiliki siswa menjadi kendala utama dalam proses pembelajaran Dalam Jaringan (Daring).
.
“Kendala dalam pembelajaran daring tak hanya dari tugas dan pekerjaaan rumah yang membebani siswa. Masih banyak siswa yang tidak memiliki handphone,” Tuturnya.
.
Senada dengan Warek III, Wakil Ketua Dewan Mahasiswa Fakultas (DEMA-F) Tarbiyah dan Keguruan Fara Apriyanti menyatakan, Tantangan dalam proses pembelajaran secara Daring terbatasnya gawai yang dimiliki Guru dan siswa.
.
“Tantangan dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, masih banyak guru dan siswa yang mempunyai keterbatasan dari sisi akses internet maupun pemanfaatan gawai yang dimiliki. Kemandirian siswa dalam belajar dirumah pun tidak sepenuhnya dilakukan dengan baik,” Terangnya.
.
Selanjutnya, ia memberikan apresiasi kepada DEMA-U yang telah memfasilitasi ruang untuk berdiskusi. Semoga dilain waktu kita dapat berdiskusi langsung dengan Gubernur Banten dan Walikota Serang. [Mg. Zahra/Nada/SiGMA]