Kewirausahaan Mahasiswa Ciptakan Lapangan Kerja Tersendiri

0
14 views

Perkuliahan merupakan investasi masa depan yang baik, dimana kita mengembangkan dan mengeksplor diri kita untuk menemukan jati diri yang sesungguhnya. Di dunia perkuliahan banyak sekali tempat mengembangkan keterampilan, bisa dari organisasi, event kampus, kursus, wirausaha, hoby dan masih banyak lagi. Dari hal itu kita bisa memanage waktu dan bisa menyeimbangkan perkuliahan dengan kegiatan lainnya. Akan tetapi, belakangan ini banyak mahasiswa yang mengembangkan keterampilan dirinya melalui interprenuer atau wirausaha.

Di lansir dari buku yang berjudul “Edurpreneurship” yang di tulis oleh Andrew Shandy Utama, bahwasanya wirausahawan atau enterpreneurship adalah seseorang yang memiliki usaha dan mempunyai penghasilan sendiri sehingga tidak menggantungkan diri nya pada orang lain, seorang wirausaha berperan secara internal maupun eksternal. secara internal wirausaha berperan dalam mengurangi ketergantungan terhadap orang lain, meningkatkan kepercayaan diri dan juga meningkatkan daya beli pelakunya, sedangakan secara eksternal wirausaha berperan dalam menyediakan lapangan kerja sendiri.

Oleh sebab itu, banyak mahasiswa yang tertarik akan kewirausahaan dalam mengembangkan diri maupun manambah relasi ataupu pengalaman, di karenakan sangat menguntungkan terutama bisa mendapatkan penghasilan sendiri dan juga bisa mengasah skil atau kemampuan dalam bidang usaha, apalagi mahasiswa sebagai generasi muda harus menjadi pelopor dan menumbuhkan ide kewirausahaan. Sehingga bisa membuka lapangan pekerjaaan, dengan begitu bisa meminimalisir pengangguran yang ada dilingkungan sekitar. Dikarenakan, di Indonesia banyak sekali lulusan sarjana yang kesulitan dalam mencari pekerjaan dan menetukan kehidupannya dalam masa yang akan datang.

Berikut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam berwirausaha, antara lain:

1. Pendapatan
Pendapatan yang di hasilkan oleh seseorang baik berupa uang ataupu barang, karena dari berwirausaha seseorang akan mendapatkan penghasilannya sendiri, baik untuk memenuhi kebutuhan hidupnya ataupun memenuhi keinginan pribadi. Dari pendapatan bisa menumbuhkan minat seseorang untuk mau berwirausaha dan dari hal tersebut seseorang bisa mempunyai pengahasilan sendiri. Akan tetapi, pendapatan tidak bisa kita prediksi, karena hal tersebut tidak menentu bisa menjadi tinggi dan juga rendah . Apalagi seseorang yang memang berstatus mahasiswa, menjadi wirausahawan pasti sangat membantu dalam perekonomiannya.

2. Lingkungan keluarga
Keluarga merupakan tempat bagi pertumbuhan dan perkembangan anak, hal ini yang memberikan pengaruh terbentuknya kepribadian seseorang, seorang wirausaha pasti tidak jauh dari dukungan orang tua, karena jika orang tua mendukung maka akan mepengaruhi minat anak untuk berwirausaha dan apabila orang tua tidak mendukung, maka tidak akan muncul minat untuk berwirausaha. Biasanya seseoranng akan memilih menjadi wirausaha karna terinspirasi dari orang tuanya sendiri, maka dari keluarga bisa menumbuhkan minat seseorang untuk mau berwirausaha karena faktor dari dukungan orang tua.

3. Lingkungan masyarakat
Lingkungan masyarakat merupakan tempat berinterksinya mahasiswa, dengan dukungan masyarakat mahasiswa dapat menumbuhkan minatnya untuk berwirausaha, tetapi bisa juga sebaliknya karena dukungan masyarakat tidak sepenuhnya menginspirasi. Tetapi, tumbuhnya minat mahasiswa dalam berwirausaha karena melihat orang sekitarnya, dan bisa mendapatkan penghasilan sendiri, dari situlah seseorang akan terpengaruh untuk bisa berwirausaha.

4. Pendidikan kewirausahaan
Pendidikan selama perkuliahan merupakan bekal seseorang untuk berwirausaha, pendidikan juga bisa membentuk kepribadian seseorang untuk menjadi lebih kuat dari berbagai masalah kewirausahaan, karena dari kuatnya kepribadian seseorang dapat menjadi modal dalam berwirausaha. Dari mempelajari kewirausahaan kita bisa mengetahui tentang bagaimana menjalankan usaha yang baik dan juga bisa memperoleh keuntungan.

5. Motivasi
Motivasi juga bisa menjadi pacuan seseorang dalam menumbuhkan minat berwirausaha, karna seseorang yang berstatus mahasiswa tidak mudah dalam berwirausaha, baik dalam membagi waktu apalagi dengan tugas kuliah yang tiap harinya menumpuk, jadi dengan adanya motivasi tersebut kita terdorong untuk menjadi pengusaha.
Jadi dari berbagai faktor di atas, kita sebagai mahasiswa bebas untuk mengeksplor diri untuk berwirausaha karena dari hal tersebut kita bisa memperoleh berbagai macam keuntungan dan juga meringankan beban orang tua dalam hal perekonomian.

Penulis : Mg_Marifatus sofiyah
Editor : Enjat