BerandaHealth and LifestyleCara Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan

Cara Menjaga Kesehatan saat Musim Hujan

Serang, lpmsigma.com– Saat musim hujan tubuh akan rentan terserang penyakit. Seperti flu, diare, penyakit kulit dan demam berdarah. Oleh karena itu, saat musim hujan kita harus pandai dalam menjaga kesehatan tubuh.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Berikut cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa kamu lakukan di musim hujan:

Pertama, jaga kebersihan lingkungan sekitar. Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal yang penting dan harus kita perhatikan. Karena jika lingkungan kotor kita akan rentan terserang oleh penyakit.

Kalian bisa memulai dengan tidak membuang sampah sembarangan, rutin mencuci tangan dan lakukan 3M; Menguras, menutup dan menimbun barang bekas atau benda yang memungkinkan akan menjadi genangan air dan menjadi sarang nyamuk.

Kedua, konsumsi makanan yang bersih, bergizi dan seimbang. Konsumsilah makanan yang kaya nutrisi, minum air putih dan mencuci makanan yang akan kita konsumsi. Selain itu, hindarilah jajan sembarangan dan makanan siap saji, karena dengan memasak sendiri akan lebih sehat.

Ketiga, jaga tubuh agar tetap hangat dan tidak basah. Saat musim hujan kalian dianjurkan untuk selalu siap payung sebelum hujan, hal ini akan menghindari kalian kehujanan. Memakai jaket saat hujan juga tidak kalah penting agar tubuh kalian tetap hangat. Selain itu, di musim hujan kalian bisa membuat minuman peng tubuh, seperti susu, teh herbal, wedang jahe dan soup hangat.

Selanjutnya, rutin mengonsumsi suplemen vitamin. Untuk menjaga stamina di musim hujan, kalian bisa meminum suplemen vitamin C. Hal ini akan membuat kalian akan tetap fit dan tidak mudah sakit.

Terakhir, upayakan setelah kehujanan kalian langsung mandi. Mandi setelah hujan akan menghilangkan banyak infeksi yang ada di tubuh. Kalian bisa menggunakan Savlon atau Dettol ke dalam bak mandi untuk menghilangkan kuman.

Reporter: Dani

- Advertisment -

BACA JUGA