5 Tips Menjaga Kesehatan Jantung di Usia Muda

0
183 views

Berbicara tentang jantung, bukan lagi pembahasan yang asing bagi kita, Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital, maka penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung mulai dari sekarang. Jantung merupakan bagian yang bekerja tanpa henti, pagi, siang, dan malam agar oksigen bisa masuk ke dalam tubuh dengan sempurna.

Besar Jantung hanya sekepalan tangan, namun jantung adalah pusat sistem peredaran darah. Fungsi utamanya adalah sebagai alat pemompa darah ke seluruh tubuh. Pada dasarnya jantung adalah sebuah otot besar yang terus menerus bekerja yang berdetak 100.000/hari.

Jika jantung, otot jantung, dan pembuluh darah di sekitarnya mengalami gangguan, maka dapat menyebabkan darah yang mengalir ke seluruh tubuh mengalami gangguan. Sehingga perlu adanya kesadaran diri sejak dini untuk selalu menjaga kesehatan jantung, apalagi di era zaman sekarang yang semua serba instan, semuanya memang serba lebih mudah, namun secara tidak langsung memberikan dampak malas terhadap diri kita sendiri.

Meskipun penyakit jantung lebih sering di alami oleh orang tua yang berusia di atas 60 tahun, namun, anak-anak muda yang berusia 20 tahun juga perlu mewaspadai penyakit jantung. Penyakit jantung di usia muda bisa terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, pola makan yang tidak baik, dan kurang berolahraga. Untuk itu Berikut ini 5 tips menjaga kesehatan jantung sejak Usia Muda

1. Tidur yang cukup
Tidur adalah waktu bagi tubuh untuk beristirahat, pastikan waktu tidur selama 7-8 jam perhari.

2. Berhenti merokok
Dikutip dari hallosehat.com Rokok mengandung bahan kimia yang bisa mendorong pembentukan plak pada pembuluh arteri di jantung, plak ini bisa menumpuk seiring waktu dan menyumbat aliran darah hal tersebut dapat menyebabkan penyakit jantung nantinya.

3. Perbanyak makan sayur dan buah
Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral untuk tubuh. Nutrisi dari buah dan sayur juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

4. Olahraga rutin
Olahraga dapat menyehatkan tubuh secara menyeluruh, mengendalikan berat badan, dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

5. Hindari duduk terlalu lama
Duduk terlalu lama dapat menyebabkan pengumpulan darah yang bisa memperburuk sirkulasi darah pada tubuh, untuk itu hindarilah duduk terlalu lama agar tidak menyebabkan pengumpulan darah.

Nah SiGMAnia itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung di usia muda, karena di usia muda ini tubuh kita sangat sensitif terhadap segala hal, jadi jaga dan sayangilah setiap bagian tubuh kita.

Penulis: Mg_Anjar
Editor: Dewi