Pentingnya Pendidikan Tinggi bagi Penunjang Karir 

0
4 views

Pendidikan tinggi adalah suatu jenjang pendidikan yang ditempuh melalui perguruan tinggi. Pendidikan tinggi ini dapat ditempuh ketika kita sudah menyelesaikan studi pada pendidikan menengah. Beberapa orang bertujuan untuk melanjutkan pendidikannya karena memiliki motivasi untuk menjadikannya sebagai penunjang karir yang lebih menjanjikan.

Menurut Prima Audia dalam Jurnalnya yang berjudul “Pengaruh Upah dan Pendidikan Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja di Provinsi Jambi” menjelaskan bahwasanya tingkat pendidikan merupakan suatu proses jangka panjang yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir, karenanya tenaga kerja manajerial mempelajari pengetahuan konseptual dan teoritis untuk tujuan-tujuan umum.

Pendidikan juga dapat diartikan sebagai usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau untuk kemajuan yang lebih baik. Melalui pendidikan inilah, kita bisa menciptakan sumber daya yang lebih kompeten dengan menanamkan nilai-nilai budi pekerti, nilai religius dan nilai moral.

Saat ini, jenjang pendidikan bisa dijadikan sebagai acuan dalam ranah pekerjaan. Karena jenjang pendidikan adalah tahapan yang ditetapkan berdasarkan tingkat perkembangan, tujuan yang akan dicapai serta kemampuan yang dikembangkan oleh para peserta didik.

Banyak para pengusaha yang saat ini menginginkan para pekerjanya untuk memiliki kompetensi yang sesui dengan bidangnya. Dengan salah satu syarat inilah yang menjadi penghambat bagi beberapa orang, dikarenakan tidak semua orang memiliki jenjang pendidikan yang mencukupi dengan kriteria yang diinginkan.

Melalui pendidikan yang lebih tinggi kita bisa melakukan pengembangan diri dengan berbagai hal, seperti menggunakan pendidikan sebagai sarana belajar, Menggunakan pendidikan sebagai sarana pelatihan, contohnya magang. Menggunakan pendidikan sebagai tempat mencari kolega dan menjadikan pendidikan sebagai sarana informasi.

Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dari pendidikan yang telah kita tempuh, karena pendidikan bisa menyalurkan kepada minat dan bakat yang bisa lebih kita kembangkan untuk masa depan.

Seperti kata pepatah yang dikatakan oleh Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Ia mengatakan “Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani” yang artinya di depan memberi contoh, di tengah-tengah membangun semangat, dari belakang memberi dorongan.

Dari pepatah tersebut, seharusnya kita dapat termotivasi untuk terus belajar dan berkembang karena melanjutkan pendidikan ialah salah satu previllage yang tidak bisa semua orang dapatkan. Oleh karena itu, jika kita adalah bagian dari orang-orang tersebut, sudah seharusnya kita bisa menggunakan pendidikan sebagai penunjang sumber daya yang lebih berkompenten nantinya.

Penulis: Nabel
Editor: Dhuyuf