Menggali Lebih Banyak Fakta Dari Sebuah Isu, Ini Dia Langkah-langkah Menulis In Depth

0
80 views
menulis

Serang, lpmsigma.com – In depth merupakan sebuah tulisan yang mendalam dan lebih menyeluruh. Dimana menyajikan tulisan dengan bahasa yang deskriptif merujuk pada data yang telah dikumpulkan dan langsung kepada fakta atau lebih menohok. Berbeda dengan investigasi, dimana seorang reporter menemukan sebuah kejanggalan dari fakta-fakta yanh ditemukan.

Dalam menulis in depth juga diperlukan banyak data dengan cara wawancara, mengunjungi tempat-tempat yang berhubungan dengan isu tersebut dan sebagainya. Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam menulis indept untuk mendapatkan data berupa fakta.

Bakhtiar salah satu Wartawan Detikcom yang menjadi pengisi materi in depth Reporting dalam Pelatihan Jurnalistik Broadcasting se-Banten, pada Rabu siang (05/07). Menyampaikan beberapa langkah dalam penulisan indepth. Berikut langkah-langkahnya:

1. Perencanaan, ada dua tahap perencanaan yakni perencanaan pertama dan kedua. Dalam tahap ini mulai mencari data dan informasi sekecil apapun. Sebagai seorang Wartawan jangan menyepelehkan informasi apapun, sekecil apapun dan dari siapapun. Karena bisa jadi dari hal kecil tersebut bisa menjadi awal dari informasi yang besar. Dalam tahap perencanaan juga mengidentifikasi masalah, mulai menetapkan angle dan melakukan riset dari sumber-sumber terpercaya.

2. Reportase, dalam tahap ini terdapat tiga sumber untuk mendapatkan informasi yakni, dengan observasi, dokumen dan wawancara. Dalam mengejar narasumber juga jangan terburu-buru dan jangan mudah percaya ketika mendapatkan informasi, karena sebagai wartawan atau reporter kita perlu sebuah riset dan bukti. Kita juga perlu bersahabat dengan data.

3. Penulisan, dalam menulis indepth diperlukan bahasa yang deskriptif agar membangkitkan imajinasi pembaca dan pastikan setia dalam angle yang ditentukan.

Itulah beberapa tahapan-tahapan dalam penulisan indepth yang diterangkan oleh Bakthiar dalam kegiatan PJB. Sebelum mengakhiri materinya ia juga memberikan Closing Statement berupa kata-kata semangat dan pengingat bagi calon-calon wartawan dimasa depan.

“Kalau mau jadi wartawan, harus berintegritas dan jangan mudah lelah,” tutupnya.

Penulis: Rubbi
Editor: Een