Jejak Peradaban Tionghoa di Tangerang

0
40 views

Kawasan Cina Benteng di Tangerang menyimpan nilai sejarah yang tinggi. Dikutip dari jurnal yang ditulis oleh Eko Jumantoro, Abdul Hamid, dan Hasuri Wadeh dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, sejumlah bangunan di kawasan ini telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah. Terletak di Pasar Lama, kawasan ini tidak hanya dikenal sebagai destinasi kuliner tetapi juga sebagai tempat wisata religi, budaya dan sejarah.

Pecinan Cina Benteng berperan penting dalam perkembangan masyarakat Tionghoa di Tangerang. Banyak bangunan di sana yang menyimpan cerita dan memiliki keunikan arsitektur. Namun, sebagian dari peninggalan bersejarah ini terabaikan di tengah pertumbuhan ekonomi yang pesat. Diharapkan pengembangan kawasan ini sebagai objek wisata dapat membantu melestarikan sejarah Cina Benteng.

Salah satu bangunan ikonik dari sejarah Cina Benteng adalah benteng yang menjadi pusat peradaban Kota Tangerang. Didirikan pada pertengahan abad ke-17 dengan arsitektur khas Tionghoa, benteng ini merupakan saksi bisu sejarah awal kedatangan nenek moyang masyarakat Tionghoa di Tangerang. Peristiwa ini diyakini bermula dari pendaratan rombongan yang dipimpin oleh Cheng Ci Lung pada tahun 1407, bagian dari ekspedisi Laksamana Cheng Ho ke Laut Selatan.

Kini benteng yang berada di Jalan Cilame No. 20, Pasar Lama, Tangerang, dijadikan museum. Museum Benteng Heritage ini menyimpan berbagai artefak bersejarah yang mencerminkan kekayaan budaya Tionghoa. Museum ini berfungsi menjaga jejak peradaban Tionghoa di Tangerang.

Penulis : Mg_Ikhda
Editor : Rubbi